Gurame Krispy Acar Kuning


Menu Yodha sore ini , tumben ia request sajian ikan . Katanya mau ikan goreng saus kuning yang asam segar gurih manis. Pertama saya mikir apa ya,  ternyata yang di maksud yodha yakni acar kuning 😅😅


Dulu awal mula ngenalin sajian ini ke Yodha spekulasi, mau nggak ya, secara kan sajian tradisional gitu. Tapi sehabis Yodha coba ia suka. Biasanya sich pakai Ikan Bawal yang di goreng langsung, kali ini saya modifikasi pakai ikan Gurame yang di fillet, terus di lumuri tepung Krispy, kemudian di goreng agak kering gitu. Rasanya yummy sekali, jadi nggak gampang lembek terkena kuahnya...masih ada kriuk-kriuknya gitu bila di sajikan panas-panas.

Untuk tepung pelapis ibarat biasa saya pakai Tepung Krispy jualanku hihi. Lama juga nggak posting promo di web. Sibuk aneka macam motret produk untuk endorse hingga lupa mempromosikan produk sendiri hahah. Nggak apa-apa sich, seneng aja bila banyak sahabat terbantu usahanya dengan saya coba promosikan di ig ku, yang penting produknya yummy dan bermanfaat untuk teman-teman lain. Misal bumbu atau materi masakan unik, saya seneng kalau kasih gosip yang bermanfaat gitu ke teman-teman lain.

Oke, untuk resep Acar Kuning masih sama sich ibarat yang biasa saya masak, cuma ikannya aja yang beda, lebih yummy begini kata Yodha, jadi ada kriuk-kriuk ikannya. Hihi...dasar anak-anak, sukanya yang kriuk-kriuk ya teman-teman. Oh ya, bila mau coba aneka tepung masih tetap jalan ya orderan via wa 089654712500.
Ini resepnya ya teman-teman...:)
Gurame Krispy Acar Kuning

Bahan :
300 gram Fillet Ikan Gurame ( atau dari satu ekor Gurame ukuran besar ), potong-potong, lumuri 1 sendok makan air jeruk nipis biar tidak amis, basuh kembali bersih
1 buah ketimun, buang biji, potong panjang korek api, 1 buah wortel, potong korek api
5 buah cabe rawit merah
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1/2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh cuka masak atau air jeruk nipis
1 sendok teh kaldu jamur debu dan  garam sesuai selera
Air 200 ml

Bumbu halus :
4 butir kemiri
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran
2 cm kunyit

Cara menciptakan :
Bumbuin Fillet Ikan dengan 1/2 sendok teh garam, beri 50 air, lumurkan ke ikan, diamkan hingga meresap. Lumuri ikan dengan tepung Krispy. Goreng ikan Gurame hingga agak kering. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan air dan bumbu lain. Masak hingga mendidih. Masukkan wortel, masak hingga bumbu meresap..dan kuah sedikit menyusut, masukkan ketimun...lalu bila sudah agak mengental, masukkan Ikan goreng...angkat. Koreksi rasa.
Rasa bumbu acar kuning ini, gurih sedikit elok dan ada tercecap asam segar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo

Sambal Bawang Terasi Kering