Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo


Hari ini hujan seharian, udah rencana mau motret banyak, alasannya yakni udah nyiapin beberapa sajian untuk Buku, gak jadi dech. Aku lebih suka ngandalin cahaya alami luar ruangan untuk motret. Nggak tau..kurang sreg aja..jika di dalam ruangan hasilnya, walau di dalam ruangan ya banyak daerah dan dapat pakai cahaya buatan.


Jadilah kesudahannya sore gres reda hujannya..cuma sempat motret yang buat sajian harian. Iseng saya posting di instagram, kok banyak yang menanyakan resepnya..padahal cuma sayur Lodeh biasa sich..hahah. Cuma memang saya buat lebih menarik kuahnya. Aku ulek sebagian Cabe, jadi warnanya lebih genjreng Lodehnya, nggak pucat menyerupai biasanya.

Kaprikornus baiklah, walau sering saya posting juga ya resep Sayur Lodeh di webku ini, tapi alasannya yakni ini penampakan nya beda, jadi saya posting aja dech. Bahan yang saya masak juga beda, biasanya Kacang panjang sama daun so, tempe, dll..kali ini saya kombinasinya dengan thokolan ( kecambah ) yang terbuat dari kedelai, serta kulit melinjo. Kebetulan pas ke pasar kok nemu kulit melinjo cakep. Kaprikornus terpengaruhi untuk beli dech.

Kulit melinjo, salah satu materi kuliner yang udah nggak abnormal lagi sich buatku. Dari kecil itu udah sering makan gitu di lodeh sama Nangka muda, Pepaya muda, dll. Bisa di masak santan, di oseng, bahkan kalau sudah bau tanah dan warnanya merah ranum, dapat di buat keripik, rasanya bagus gurih, enak...hihi.

Kalau jaman dulu sich nggak usah beli. Jika panen Melinjo tinggal petik di kebun, saya mesti pilih yang merah ranum buat di masak..hemm yummy rasanya. Dulu mah jaman kecil perasaan sayuran nggak pernah beli, tinggal petik di kebun. Di satu pohon aja dapat aneka macam macam sayur di petik..misal pohon melinjo, kalau daunnya masih muda, namanya Daun So, yummy di masak, kalau sudah berbunga, namanya Kroto, yummy juga di sayur, kalau melinjo udah matang, kulitnya juga dapat di sayur..hahah. Enak dech pokoknya kalau nanam tanaman itu. Lebih sehat dan fresh.

Oke, pribadi aja saya share resepnya ya teman-teman, selamat mencoba kalau suka ya...
Lodeh Kacang, Thokolan Dele, dan Kulit melinjo

Bahan :
10 lonjor  kacang panjang
100 gram thokolan dele 
50 gram Kulit Melinjo
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
5 buah cabe merah keriting, haluskan
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai
2 butir cabe merah besar, dipotong serong
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
Masukkan ebi, cabe halus, cabe merah besar, daun salam dan lengkuas
Tuang santan. Masukan kacang panjang dan sayuran serta bumbu-bumbu lain. Masak hingga lunak dan bumbu meresap, cicipi rasanya hingga pas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering