Mangut Lele Goreng


Mangut lele , biasanya saya masak pakai lele asap.  Tapi di pasar lagi susah cari lele asap , jadi saya ganti pakai lele goreng aja . Tetep enakkk,  tapi minus aroma khas ikan asap di kuahnya 😀

Kali ini saya bikin versi yogya yang bumbu minimalis,  bukan menyerupai mangut pati atau Semarang yang kaya bumbu. Kalau versi Yogya ini bumbu minimalis yang penting ada kencur sama sunti / kunci. Rasanya jadi khas, seger kuahnya. ADa juga yang mangut pakai kemiri, tapi kalau versi Yogya saya suka yang seger nggak pakai kemiri. Ala ibuku..atau menyerupai mbah marto yang di Nggeneng itu lho teman-teman. Rasanya seger tapi teras pedes sedep.

Menggoreng lele semoga tidak lengket, pakai pan anti lengket, terus jangan terlalu banyak di kerat kalau di buat mangut gini semoga bagus ya. Waktu memasak juga jangan terlalu lama, masukkan Ikan lele goreng dikala kuah sudah matang dan bumbu meresap, semoga tidak lembek. Makara sebelumnya Lele di bumbuin sedikit garam dulu ya sebelum di goreng semoga lebih gurih.

Oke, yang mau coba, saya share ya resepnya :
Bahan :
5 ekor ikan Lele, lumuri air jeruk nipis, basuh bersih. Lumuri 1/2 sdk teh garam, diamkan 15 menit, goreng sampai matang agak kering.
Haluskan bumbu :
6 bawang merah, 2 bawang putih, 8 cabe merah, 5 cabe rawit, 1 cm kencur, 1 cm temu kunci
Tumis bumbu halus sampai matang, tambahkan 750 ml air, 2 cm lengkuas, 2 daun salam, tambahkan 3 sdk mkn Fibercreme, aduk rata, didihkan sampai bumbu meresap api kecil. Tambahkan garam, kaldu, gula merah secukupnya.
Jika kuah sudah meresap dan pas rasanya, masukkan ikan Lele goreng, masak sebentar sampai meresap, tapi jangan terlalu usang semoga ikan tidak lembek.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo