Sambal Bawang Cumi Asin



Ini sajian kemaren, Sambal Cumi..tapi Cumi Asin. Makara bila mau di jadiin stok sambal beberapa hari bisa. Jika pakai Cumi Segar kan gampang basi, alasannya ialah Cumi termasuk jenis seafood yang nggak baka bila di masak segar, harus pribadi habis ya. Karena bila di masak usang atau di panasin akan keras rasanya.


Makara bila mau untuk sambal yang agak awet, lebih baik pakai Cumi kering. Jika pakai Cumi kering ini lebih awet, alasannya ialah homogen ikan asin yang sudah baka ya, jadi bila kita campur sambal kering menyerupai ini lebih baka beberapa hari.

Beberapa hari sekali memang saya menyetok Sambal baka menyerupai ini di rumah, alasannya ialah kadang kala bila lagi masak sajian favorit Yodha dan suami yang saya sendiri kurang suka, kan sudah ada yang dapat jadi laukku hahah. Kalau Emak-emak mah gitu, mikir yang penting sajian anak dan suami suka, kalau buat sendiri...cukup lah makan pakai Sambal begini bila kurang suka menunya. Contoh sajian yang Yodha dan papinya suka, tapi saya tidak dapat makan..adalah olahan Kerang, atau kemaren, akau masak Burung Puyuh untuk mereka. Nggak tau nggak tega aja makan Burung Puyuh yang imut..hihi. Tapi kalau Telurnya kok mau ya..hahah.

Selain Cumi, untuk sambal ini dapat di campur dengan Teri, Ebi, dll...biar nggak bosan ya teman-teman. Yuk cobain, tapi Diet lupa dulu ya bila bikin sambal ini hihi, alasannya ialah mesti ngabisin nasi :D

Sambal  Bawang Cumi Asin

Bahan "
300 gram cumi asin, rebus 2 menit di air mendidih, potong-potong
100 gram cabe rawit merah
100 gram bawah merah
3 siung bawang putih
1 sdk teh kaldu jamur / garam secukupnya
1/2 sdk teh gula pasir

Goreng cabe dan bawang sampai layu, haluskan kasar, tumis kembali, tambahkan bumbu, 1 batang serai, 2 lembar daun jeruk, Terakhir masukkan cumi, masak sebentar sampai meresap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo