Sop Bening Berkaldu

Cuaca selesai ini panas ya teman-teman. Enaknya makan yang seger-seger yuk. Tak perlu mahal kok...Sup sayur bening pun baiklah banget di makan pas panas gini. Seger banget.


Biasanya saya bikin Sup bening tanpa kaldu, tapi kali ini saya buat sekalian untuk Yodha, jadi saya pakai air kaldu bening aja, semoga makin bergizi. rasanya juga makin gurih. Tapi kaldu yang di pakai haru skaldu bening ya teman-teman, jadi nggak anyir rasanya. Kalau bikin sup, kepingan ayam pribadi masuk itu menurutku kok malah jadi amis, tapi kalau di buat kaldu bening dulu enak seger.

Cara menciptakan kaldu bening sudah sering saya share ya teman-teman di webku, ajdi ayam , pilih yang kampung atau pejantan, di rebus dengan api kecil sekali sampai keluar kaldu beningnya. Pertama mungkin akan namak keruh di awal perebusan, namun sehabis di masak beberapa waktu akan menjadi bening kaldunya. Itulah yang kita sebut sebagai kaldu bening yang berasal dari sari kaldu ayam yang keluar perlahan dikala di masak api kecil

Tak percaya itu beneran kaldu ? Coba aja sehabis di rebus air kaldu masukn freezer, nanti akan mengental menyerupai jeli. Dan air kaldu ini dapat di simpan di freezer ya teman-teman. Bisa untuk bikin Soto, bubur ayam, nasi ayam hainan dll kok kaldunya. Atau di buat aneka sup, jadi tambah seger. Untuk kuah bakso juga enak kaldu ayam bening ini.

Oke, ini beliau resep sup beningnya ya, selamat mencoba....

Sop Bening Berkaldu

Bahan :
1 liter air kaldu ayam bening
3 siung bawang putih, dapat di haluskan kemudian di tumis, atau dapat juga di goreng dulu kemudian di geprek kalau mau kuah bening.
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu jamur
2 batang daun bawang
1/4 buah kol, iris kasar
1 buah kentang, potong dadu
1 buah wortel, iris serasi
1 buah tomat iris kasar

Cara menciptakan :
Didihkan kaldu, beri bumbu
Masukkan mulai sayur yang keras menyerupai kentang dan wortel, gres terakhir sayuran yang gampang lunak
Koreksi rasa, sajikan bersama bawang goreng, sledri cincang
Plus aksesori Udang Goreng akan lebih lezat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo