Timus Gurih Legit


Kemaren saya bikin timus atau ketimus.  Kue tradisional khas Jawa nich sudah mulai langka nich jarang yang jual ya teman-teman.

Padahal rasanya yummy sekali ya  Timus ini.  gurih manis, legit.  Kalau saya suka yang manisnya samar2 jadi terasa gurih dan yummy ngga mbosenin untuk di cemal cemil.

Kemaren saya bikin timus dengan komplemen cream bubuk,  wah yummy sekali rasanya. Cream ini dapat untuk pengganti santan atau susu .

Aku coba campur ke campuran timus ini rasanya yummy sekali makin gurih legit. Cobain dech teman-teman,  nanti akan tau bedanya dengan timus biasanya 😘😘😋😋

Timus Legit

Bahan :
750 gram ubi,  kukus, haluskan
50 - 75 gram tepung tapioka
50 - 75 gram gula pasir
1/2 sdk teh garam
2 sdk makan cream abu untuk masak  / bisa  di ganti susu abu jikalau tidak ada
1/4 sdk teh vanili

Cara menciptakan :
Campur semua bahan
Cicipi rasanya sampai sedikit manis , gurih dan legit
Bentuk lingkaran lonjong
Goreng di minyak yang sdh di panaskan sampai matang

Tips :
Menggoreng ini,  minyak harus sudah panas dulu,  jadi eksklusif berkulit,  selanjutnya kecilkan sedikit api biar tidak cepat gosong.
Waktu menggoreng tes dengan satu bulatan campuran dulu,  jikalau udah anggun bentuknya,  lanjut.  Jika masih sedikit lembek,  tambah sedikit tepung , tapi maksimal  sampai 75 gram ya biar rasa ubi tetap secara umum dikuasai bukan tepungnya.
Timus yang yummy tekture kres luarnya,  lembut dalamnya , jadi gunakan ubi yang mempur dan tidak lembek,  dan waktu mengukus jangan terlalu usang biar ubi tidak lembek.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo