Mangut Iwak Manyung Asap Plus Tahu Cabe Hijau


Menu sarapan pagi ini. Aku cek di freezer masih menyimpan Iwak asap jenis Manyung yang saya beli di pasar Gang Baru hari Minggu kemaren. Kalau ke pasar Gang Baru selalu kalap beli materi makanan sebab kualitasnya sangat bagus. Sayangnya pasarnya jauh..huhu...musti turun ke kota Semarang bawah. Aku yo tinggal di kota..hahah..tapi kota Semarang atas. Tapi suka sekali belanja ke kota Semarang bawah kalau hari libur, sekalian jalan-jalan, terutama di pasar Gang Baru ini, sebab produk berkualitas ngumpul di sana. Sayuran aja serasa di supermarket, yang aneh-aneh macam Petterseli, kol ungu dll, ada lho di pasar dan lebih murah daripada beli di supermarket..hihi. Seafood juga kmplet dan seger-seger di sana.


Nah salah satu yang mesti saya beli jikalau ke pasar Gang Baru itu yaitu ikan asap. Ntah itu Iwak Pe atau Manyung, semua fresh. Tapi kemaren nggak ada Iwak Pe atau Pari adanya Manyung yang banyak. Makara saya beli itu aja. Aku simpan di freezer infinit kok.

Sebelum di masak Iwak asap menyerupai ini, rebus dulu sebentar ya teman-teman, biar steril, kan di pegang-pegang banyak orang tuch di pasar..hihi. Dan juga untuk mengurangi amisnya, rebusnya di kasih sedikit jahe geprek. Di jamin nggak kedaluwarsa dech. Wangi aroma iwak asapnya..sedep aromanya menciptakan kuah olahan Iwak asap ini jadi makin sedep dan menggugah selera.

Untuk Bumbunya kali ini saya pakai bumbu cabai hijau yang iris aja, lebih seger rasanya. Jika mau lebih pedas, dapat di campur cabai rawiat hijau ya yang kecil-kecil itu. Tapi sebab suamiku kini kurang suka pedes banget, saya pakai cabai hijau keriting aja. Jika di iris gini, walau menggunakan cabai banyak, tidak kan pedes sekali rasanya. Apalagi paling-paling kalau suamiku cabainya di siihin...hahah. Padahal yummy banget lho cabai hijau keriting itu krenyes-krenyes sedep khas aromanya. Kalau saya sich tak makan semua cabainya..hahah. Dasar saya pemakan cabe...! Lol

Oke, eksklusif aja ya ini ia resepnya teman-teman...jika mau makin meresep, masak sore hari, pagi hari di panasi untuk sarapan, makin sip kuahnya dan rasanya. Selain Tahu dapat di campur Tempe juga ya, atau  Telur rebus, Terong juga enak, semua udah pernah saya masak, yummy semua..hahah.
Mangut Iwak Manyung Asap plus Tahu Cabai Hijau

Bahan :
5 potong daging iwak Manyung Asap ( dapat di ganti ikan asap lain )
200 gram  Tahu, potong serong
20 buah cabai hijau, iris tipis serong
10 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
1 cm kunyit, haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 papan petai, kupas belah jadi dua
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
1000 ml santan cair / sedang
 
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis hingga harum. Masukkan santan , dan semua bumbu-bumbu lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak Manyung asap dan tahu. Masak hingga meresap api kecil. Cicipi rasanya. Setelah hampir masak masukkan bagian pete. Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan.
Note :
sajian menyerupai ini cocok di sajikan dengan Urap Sayur, Bothok Kelapa Teri, dan aneka gorengan.

Selamat mencoba.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo