Ayam Pok - Pok Resep Baru


Kemaren sore pulang sekolah Yodha kok bilang laper minta cemilan. Wah..belum bikin cemilan apa-apa. Aku lihat di kulkas yang sudah keluar dari freezer untuk siap di olah hanya ayam. Akhirnya saya tawari Ayam Pok Pok aja...dan Yodha mau. Jadilah saya bikin Ayam gurih ini untuk cemilan..hihi.

Sekalian saya utak atik resep baru, saya coba pakai Tepung pati kentang untuk campurannya. Wah..enak sekali ternyata hasilnya. Lebih renyah dan kres lapisan tepungnya. Yodha ngemil sambil berulang kali bilang..enak...! hihi.

Ayam fillet menyerupai ini memang akan lebih juicy dan bagus dagingnya di banding dengan cara di goreng utuh bab dada. Kalau belum dewasa di belikan Ayam krispi bab dada, niscaya akan di makan bab yang akrab kulitnya saja. Namun bila di buat krispi dengan cara di fillet dan di potong kecil menyerupai ini, tentu akan lebih menarik untuk anak-anak, serta kemakan semua bab ya teman-teman, alasannya yaitu sekali hap sanggup bab daging dan kres semua lapisan tepungnya. Di jamin dech akan lahap anak-anak. Buat lauk bisa, baut cemilan juga bisa.

Dulu saya udah pernah share resep Ayam Pok-Pok yang versi lama, yang ini sudah saya sempurnakan resepnya ya teman-teman dan saya ganti pakai adonan Tepung Pati kentang atau Potato starch, rasanya makin kres dan enak.  Tepung Potato starch ini sari patinya kentang ya teman-teman, berwarna putih higienis menyerupai tapioka. cocok untuk pelapis ayam goreng ala Korea, atau chicken kaarage ala Jepang atau buat adonan Ayam Pok-Pok ini. 

Jika kesulitan mencari, saya ada ya tepung kentang pati ini...ready stock, wa aja ke 089654712500 teman-teman bila mau coba. 

Ini beliau resepnya ya, selamat mencoba :)
Ayam Pok - Pok 

Bahan :
300 gram Ayam dada Fillet aja, potong kecil-kecil, rendam dalam bumbu rendaman sebagai berikut :
1 sendok makan saus tiram
1/2 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh garam 
2 cm jahe, geprek
50 ml air

Bahan Pelapis :
200 gram tepung terigu protein rendah
50 gram POTATO STARCH ( Pati Kentang )
2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh bawang putih bubuk

Bahan pencelup :
1 butir telur, kocok lepas

Cara menciptakan :
Campur semua materi pelapis, ayak supaya bumbu rata
Tiriskan ayam fillet dari bumbu rendaman
Lumuri dengan sebagian tepung pelapis
Panaskan minyak goreng sampai benar-benar panas, gres adonan masuk, tapi api sedang saja
Ambil ayam yang sudah di lumuri tepung
Celup ke kocokan telur satu persatu
Baluri dengan tepung pelapis kering sambil di cubit-cubit
Masukkan ke minyak yang sudah panas supaya pribadi mengembang keriting adonan pelapisnya
Goreng sampai matang
Sajikan hangat, sanggup untuk cemilan belum dewasa atau untuk lauk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo