Long John


Long John ialah homogen Donat dari luar negeri. Bentuknya nggak bundar ibarat donat, tapi bentuk panjang lonjong. Kok ibarat ya..Long John...bentuknya Lonjong..hihi. Di luar donat jenis ini biasa di beri isi, terus di kasih toping sesuai selera, dapat cream atau coklat leleh. Tapi kalau atasnya sudah pakai toping ya mblenger juga ya jikalau dalamnya masih di beri isian teman-teman, makanya saya suka polosan aja, atasnya gres di kasih toping.

Sebenernya ini cara membentuk donat paling mudah, nggak perlu membentuk bulat-bulat berlubang, cukup di potong-potong aja bentuk persegi panjang, beres dech, tinggal di goreng..hihi. Usahakan ukuran sama, jadi di ukur beneran aja pakai penggaris ya teman-teman jikalau lagi mau mencar ilmu baking dan ingin kesannya rapi..hihi. Kalau saya sich kira-kira aja..alhamdulilah pakai feeling udah tidak mengecewakan seragam ya panjang dan lebarnya..hihi.

Cara menciptakan ibarat donat biasa, hanya beda bentuk aja sich..dan biasanya di tambah aroma vanilla...atau jikalau tidak ada pakai vanili ya nggak apa-apa. Untuk topingnya saya pakai butter cream rumahan aja, dengan materi hemat yang selalu ada di rumah..margarin..hihi. Tapi malah yummy gurih lho...rasanya jadul..hihi. Kalau mau mudah di celup coklat leleh juga boleh, cuma alasannya saya pakai toping meises, kok mblenger jikalau kebanyakan coklat, jadi saya pakai buttercream ala-ala toping donat jadul aja...lebih gurih.

Adonan ini dapat di uleni tangan atau pakai mesin. Jika di uleni tangan, kerahkan tenaga, uleni hingga lentur ya teman-teman, biar kesannya mengembang dengan baik. Jika menciptakan gabungan donat ibarat ini, jikalau agak lengket waktu membentuknya, jangan panir dulu ya. Setelah gabungan terfermentasi, angkat, kempiskan biar gas terbuang. Letakkan gabungan di kawasan datar, taburi  gabungan dan tangan dengan tepung. Kaprikornus kondusif dech waktu mau membentuknya, tidak akan lengket.

Oke, ini ia resepnya ya...resep pembiasaan dari luar, tapi saya sesuaikan pengecap lokal bahan-bahannya..:D

 Long John

Bahan-bahan/ Bumbu-bumbu: 375 gram tepung terigu protein tinggi 50 gram gula pasir 1/2 sendok makan ragi instan 1 butir telur plus satu buah kuningnya 200 - 250  ml susu cair, hangatkan suam kuku ( 100 C ) 50 gram margarin 
1/4 sendok teh vanilla / vanili 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat:
Campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan hingga rata. Masukkan telur dan susu cair sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis. ( jikalau gabungan sudah kalis, susu tidak di habiskan tidak problem ) Tambahkan margarin dan garam. Uleni hingga elastis. Diamkan 15 menit ( hingga mengembang ).
Kempiskan adonan. Giling gabungan setebal 2 cm. Potong persegi panjang 5x10 cm. Diamkan 30 menit.
Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kecokelatan selama satu menit setiap sisinya. Dinginkan. olesi buttercream, taburi mese atau toping lain sesuai selera.


Bahan Olesan :
100 gram margarin
50 gram gula halus ( sesuai selera )
1 sendok makan susu kental bagus

Campur semua materi olesan, kocok hingga creamy, cicipi hingga pas manisnya, boleh tambah gula halus sesuai selera jikalau suka manis.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo