Nasi Goreng Ikan Asin Jambal


Kemaren ke pasar, mlipir ke daerah ibuk yang jual aneka ikan asin langgananku. Rencana sich saya kepengen beli Ikan asin Pedo buat di pepes, eh sama ibunya di tawar Ikan asin Jambal, manis gres tiba katanya. Sebenernya saya agak trauma beli Jambal, alasannya dulu pernah beli itu keras kayak karet, takut ada formalinnya. Tapi ibuknya menyakinkan saya ini versi yang empuk dan enak. Akhirnya saya towel-towel ikannya kok memang empuk..hihi. Akhirnya saya beli dech.


Aku coba ikan asin Jambalnya pertama buat masak Nasi Goreng, ternyata yummy bener menyerupai ibuknya yang jual bilang. Gurih..nggak kedaluwarsa dan nggak alot. Praktis di suwir pakai tangan aja bisa. Kaprikornus kepengen beli lagi besok-besok..hihi. Ikan asin jambal ini termasuk Ikan asin glamor ya teman-teman..hihi. Harganya setara sama ayam ya, atau lebih mahal malahan. Aku beli sepotong kemaren kok 26 ribu...hihi.

Tapi memang ikan asinnya daging aja dan higienis nggak ada duri, dll..jadi tinggal di potong-potong aja enak. Sebelum di olah Ikan asin gabus ini di seduh dulu air mendidih ya teman-teman biar higienis steril juga..hihi. Dengan di seduh juga nanti akan kelihatan apa mengandung formalin atau tidak. Karena jikalau di seduh air mendidih kan otomatis akan sedikit melunak ikan asinya.

Tapi jikalau di seduh tetap kaku alot..wah..tanda-tandanya itu pakai formalin..hihi. Aku pernah coba dulu ikan alot gitu, saya goreng pun nggak dapat empuk itu balasannya saya buang dech. Tapi yang saya beli kemaren itu sehabis di seduh air panas, jadi empuk, di suwir pakai tangan aja mudah..dan saya goreng sebentar sip dech empuk gurih ikan asin Jambalnya. Buat adonan Nasi goreng ini..hemmm...enak sekali.

Untuk Nasi goreng Ikan asin Jambal ini aslinya menyerupai Chinese food ya teman-teman, hanya saja sudah saya sesuaikan materi yang boleh. Aslinya pakai angciu, saya ganti saus tiram aja. tetap yummy kok. Oh ya nasi gorengnya putihan aja ya, jangan pakai kecap. Kaprikornus akan lebih terasa gurih ikan asinnya. Jika mau tambah sayuran menyerupai sawi hijau boleh, di potong kecil-kecil. Kalau saya suka pakai daun bawang aja masuk terakhir, jadinya wangi sedep.

Tips juga untuk menciptakan nasi goreng, api harus besar ya teman-teman, jadi wangi nasi gorengnya dan bumbu-bumbu tercampur rata sempurna. Cobain dech bedanya. memasak Nasi goreng api sedang sama api besar..pasti aromanya beda. Kalau api sedang itu menyerupai nggak tanak gitu..hihi. Pakai wajan yang agak tebal tapi ya atau anti lengket..biar nggak gosong nasi gorengnya..hihi.

Oke dech, eksklusif aja ya, ini beliau resepnya teman-teman, selamat mencoba ya jikalau suka.

Nasi Goreng Ikan Asin Jambal 

Bahan :
350 ml Nasi hambar yang pero
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus
1 sendok teh saus tiram
1/8 sendok teh merica bubuk
1 siung bawang putih, cincang halus
2 butir bawang merah, iris tipis
5 buah cabe rawit merah, iris bulat
1/4 sendok teh terasi, bakar
5 gram Ikan asin jambal, goreng sebentar

Cara menciptakan :
Tumis bawnag merah, bawang putih sampai matang dan harum
masukkan terasi dan cabai
Masak sampai cabe layu
Sisihkan bumbu tumis di pinggir wajan
Masukkan telur, buat orak arik garang ( sampai matang ya orak ariknya biar tidak kedaluwarsa aroma telur nasi gorengnya )
Masukkan nasi dan semua bumbu kecuali daun bawang
Masak sampai meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo