Resep Sambal Brambang Asem Daun Ubi



Menu sehat tetap lezat ? Bisa banget kok teman-teman. banyak sajian tradisional Indonesia yang lezat dan sehat. contoh..Gado-gado, Lotek, Pecel, dll. Mau lebih sehat lagi di rebus semua..ini nich sajian tradisional dari Jawa Tengah, di Solo atau di Semarang pun sajian ini jadi sajian sehari-hari. Namanya Brambang Asem. 

Udah sering saya post juga sich dulu pakai kangkung, pakai bayam, nah kali ini saya posting yang pakai daun ubi ya. Walau bumbunya hampir sama, tapi kok kemaren fotonya bening kinclong gini, sayang aja jikalau nggak di posting..hihi.

Daun Ubi yang di pakai daun Ubi jalar, pilih yang bab muda aja ya teman-teman biar rasanya kres manis. Merebus daun ubi jalar ini jangan terlalu lama, rebus dengan sedikit garam, sampai warna berubah aja, jadi hijau cerah cantik. Jika terlalu usang di rebus, Daun Glandir akan berlendir, jadi kurang enak.

Jika di rebus sebentar saja, rasanya kan kres-kres manis, dan sangat cocok di padu sambal Brambang Asem ini. Rasanya lezat sekali, seger dan pedes manis..enak. Gunakan Terasi lezat ya teman-teman kuncinya biar rasa sambelnya makin mantap. Aku selalu pakai Terasi Juwana dong..rasanya tak di ragukan lagi..hihi. Salah satu best seller jualanku juga ini Terasi. Kemaren awal bulan gres kirim 20 kg ke salah satu restoran besar di luar Jawa...alhamdulillah mereka cocok pakai Terasi yang saya jual. Dari semua yang beli memang alhamdulillah bilang enak. Yang mau coba silahkan wa aja 089654712500 ya teman-teman.

Selamat mencoba ya resepnya....
Resep Sambal Brambang Asem

Bahan :
Satu ikat daun Ubi Jalar, rebus sebentar di air mendidih yang di beri sedikit garam ( atau dapat pakai bayam )
3 buah cabe merah, 3 buah cabe rawit merah
4 butir bawang merah, di bakar atau di rebus
5 mata asam jawa
1/2 sendok teh terasi bakar
2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam 
Cara Membuat :
Ulek semua materi sambal, koreksi rasanya, harus ada manis, asam dan segar rasanya ya teman-teman.
Sajikan dengan daun Ubi rebus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo