Tips Cumi Krispi Kriuk Kriwil Dan Tidak Alot


Membuat Cumi Krispi itu gampang saja, namun kadang ada sahabat yang menanyakan bagaimana semoga cumi tidak alot, atau semoga keriting manis lapisan tepungnya. Baiklah saya ulas lagi ya teman-teman. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang gres mencar ilmu masak, biar dapat menciptakan sendiri di rumah Cumi Krispi yang kriuk dan tidak alot.

Pertama yang harus kita ketahui, bahwa cumi itu dagingnya gampang matang, jadi tidak perlu di masak terlalu lama. Jika terlalu usang di masak makan malah akan jadi alot cuminya. Beneran alot menyerupai karet lho jikalau kelamaan di masak..hihi.

Kaprikornus waktu memasak cumi itu singkat saja. Jika di goreng, maka goreng di minyak yang agak banyak sampai terendam. Sebelum campuran cumi masuk, minyak harus benar-benar panas dulu ya teman-teman, namun di api sedang, jangan api besar. Jika minyak sudah panas, begitu cumi masuk maka akan pribadi mengembang manis lapisan tepungnya.

Jika api besar akan gampang gosong, jikalau api kecil, maka lapisan tepung akan keras atau dalam bahasa jawa *mbeling. Kaprikornus yang pas itu api sedang tapi minyak sudah panas, gres cumi masuk. Jangan terlalu banyak juga memasukkan campuran cumi bertepung ke dalam minyak..untuk menjaga suhu panasnya semoga tetap stabil ya. Jika suhu stabil, cumi akan cepat matang dan lapisan krispinya juga manis kriwil kriuk renyah. Ingat api jangan kecil juga ya..jika kecil lapisan tepungnya nanti jadi keras, cumi jadi alot..hihi.

Nah, tehnik menggoreng sudah, selanjutnya tehnik menciptakan campuran cumi jadi kriwil lapisan tepungnya. Ada dua tehnik yang dapat di pakai, tehnik pakai celupan telur, pertama cumi di lumuri tepung pelapis kering, kemudian di celup kocokan telur, selanjutnya di lapis tepung bumbu kering lagi. Hasilnya renyah empuk, namun tidak tahan usang kriuknya jikalau dingin. Jika mau lebih baka kriuk sampai dingin, pakai tehnik yang campuran pencelupnya sedikit campuran berair encer, jadi campuran pelapisnya dapat kriwil cantik, dan baka kriuknya.

Oh ya, satu lagi pertanyaan mengapa sering meletup jikalau goreng cumi, jawabannya ya menyerupai saya jelasin di atas, jikalau di goreng terlalu lama, akan rawan meletup, namun jikalau kita goreng dengan cepat, maka cumi cepat matang, nggak sempat meletup-letup dech. Usahakan juga lapisan tepungnya dapat menutupi cuminya, jadi nggak gampang meletup juga.

Untuk kali ini saya kasih tips yang memakai campuran pencelup berair ya teman-teman semoga alhasil tetap kriuk sampai dingin. Kali ini saya pakai Tepung Krispi, yang biasa saya pakai di rumah, andalan jualanku juga hihi. Tapi jikalau mau pakai tepung bumbu lain, silahkan. Yang mau coba tepung krispi jualanku juga silahkan, wa aja 089654712500 ya..sudah banyak sahabat yang coba dan alhamdulillah salah satu best seller jualanku juga.
Cumi Krispi

Bahan :
500 gram Cumi
200 gram Tepung Krispi / tepung bumbu lain untuk pelapis
4 sendok makan Tepung krispi plus 100 ml air, aduk rata untuk pencelup

Cara menciptakan :
Cuci higienis cumi, kupas, kucuri dengan sedikit air jeruk nipis, basuh kembali, potong bentuk ring
Rendam cumi dengan sedikit garam dan merica dan kaldu debu jikalau suka ( tergantung mau buat cemilan atau lauk ya, jikalau mau buat di cemil jangan terlalu asin, cukup `1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh merica, serta 1/4 sendok teh kaldu ayam , jikalau mau lebih gurih boleh di tambah sedikit bawang debu / bawang putih halus juga 1/4 sendok teh. Beri sedikit air rendam cumi beberapa ketika sebelum di goreng  semoga meresap )
Panaskan minyak di api sedang sampai benar-benar panas
Celup cumi ke campuran pencelup
Lumuri dengan tepung pelapis, sambil di cubit-cubit sampai keriting
Goreng sampai matang

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video tutorial berikut ini ya teman-teman. Selamat mencoba...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo