Ayam Bacem Bungkus Daun Pandan


Aku punya kebun kecil di belakang rumah, yang isinya kok kebanyakan pohon Pandan hihi. Udah sering di pakai buat aneka kuliner , bubur, dll yang butuh Pandan, nggak habis-habis, malah tambah subur aja..hihi. 

Aku suka pakai Pandan memang buat pengahrum masakan misal, masak Ketan, bikin Bubur, jajanan tradisonal dll. Tapi bukan sebagai pewarna ya, cuma aroma. Itupun cuma sekedar 2 lembar maksimal. Kalau buat pewarna terus di belnder itu menurutku kurang enak, mblengeri alias nek ( eneg ), alasannya yaitu daun pandan ada rasanya, gimana ya, pokoknya kalau di blender, saya kurang suka..jika buat kuliner ringan manis aromanya jadi aneh. Kaprikornus buat saya daun pandan cuma buat aroma itupun jangan di blender, di cemplungin utuh, misal buat bubur, dll, jadi soft aromanya.

Kalau mau pewarna hijau itu pakai daun suji, homogen pandan juga, tapi beda. Itu lebih netral nggak ada rasa yang kuat, jadi cocok buat pewarna makanan. Nah, makanya kali ini saya lagi punya wangsit memanfaatkan Daun pandan yang melimpah, salah satunya saya buat Ayam Bungksu Pandan ini teman-teman.

Tapi ini beda ya, sama Ayam bungkus pandan ala Thailand. kalau ini versi Jowo..hahah. Ayamnya di bacem, gres di bungkus pandan, kemudian di goreng. Kalau versi Thailand, Ayam di rendam bumbu aneka saus, di kukus sebentar, kemudian di goreng.

Kalau saya suka versi Jowo ini, lezat dan pas dengan bumbu Bacem daun pandannya. Kunci waktu menggorengnya, minyak harus benar-benar sudah panas ya teman-teman, biar di goreng sebentar saja, jadi pandan kering, tapi masih bagus warnanya, dan Ayamnya sudah kecoklatan, alasannya yaitu di bumbu Baceman yang gurih manis.

Oke, eksklusif aja ya, ini beliau resepnya teman-teman...

Ayam Bacem Bungkus Daun pandan

Bahan :
500 gram Ayam, potong kecil-kecil sesuai selera
500 ml air kelapa plus 300 ml air biasa
50 gram gula merah
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 /2 sendok teh garam ( secukupnya )
1/2 sendok teh kaldu Ayam

Bumbu halus :

1 sendok teh ketumbar
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara menciptakan :

Campur semua materi dan bumbu di panci, tutup rapat
Masak dengan api kecil sampai meresap dan kuah habis
Sebelum kuah habis, koreksi rasa dulu ya..kurang garam atau tidak
Dinginkan dan tiriskan
Ambil selembar Daun Pandan
Bungkus epotong ayam dengan daun pandan
Lakukan sampai campuran habis
Goreng sampai matang
Minyak harus panas ya, jadi di goreng sebentar saja, daun pandan kering, Ayam kecoklatan

Berikut cara membungkus ayam dengan pandan ya teman-teman, semoga terang ya step by stepnya, selamat mencoba ya, kalau suka...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo