Ayam Panggang Pedas Manis


Hari ini masak Ayam Panggang. Ayamnya utuh, saya ungkep dulu hingga bumbu mengental, kemudian saya panggang di oven. Kebetulan sanggup kiriman panggangan gres dari Mito, untuk di review kualitas ovennya..sip dech kesudahannya pakai panggangan gres manggangnya..hihi.

Kalau bikin Ayam Panggang utuh, paling pas memang di panggang di oven, alasannya ialah api sanggup atas bawah merata. Sebenernya tadi mau coba pakai alat panggangan di panggangan yang muter gitu, cuma kok males masang alatnya..hahah. Akhirnya saya taruh loyang aja...jadi dech, sama enaknya.

Untuk Ayamnya, saya pakai Ayam pejantan, lebih gurih dari Ayam broiler, tapi nggak terlalu alot dan usang masak menyerupai Ayam Kampung. Harga juga lebih murah Ayam Pejantan nich, seekor 35 ribu. Jika Ayam Kampung kan hingga 75 ribu per ekor..bisa sanggup dua..hahah.

Tapi percuma juga sich beli Ayam Kampung di Semarang ini rasanya kok nggak *sekampung kalau di Yogya..hahah..bahasanya aneh. Maksudnya..rasa Ayamnya kok ya kurang gurih, dan tekturenya tetep empuk ngga ada alot-alotnya sama sekali. Daging Ayamnya juga tetap putih. 

Beda sama di Yogya, kalau Ayam Kampung itu beneran gurih dan sedikit liat tekturenya dan aromanya itu khas. Di rebus pakai garam aja udah yummy kalau Ayam Kampung asli. Ah..jadi kangen makan Ayam Kampung ala Yogya..kalau nggak di masakin Ibu di rumah, ya makan di Ayam Goreng Kampung Mbah Cemplung...itu di jamin..asli Kampungnya..hihi.

Oke, dech saya share ya resep Ayam Panggang pedas manisnya ya teman-teman.  Sebenernya nggak pedes banget sich ini alasannya ialah saya masak untuk Yodha dan papinya. jadi biji cabainya saya buang. Jika suka pedas beneran, sanggup pakai cabe merah keriting dan di tambah cabe rawit niscaya lebih mantap ya pedasnya. Kalau saya tadi pakai cabe merah besar dan cabe keriting, tapi buang biji semua..hihi.


Ayam Panggang Pedas Manis

Bahan :
1 ekor Ayam, saya pakai Pejantan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk, sobek
1 sendok makan gula merah
2 sendok makan kecap manis
2 sendok teh garam
1 sendok teh kaldu ayam
600 ml air kelapa

Bumbu :
10 butir Bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit
4 buah cabe merah besar, buang biji
5 buah cabe merah keriting, buang biji

Cara menciptakan :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan air kelapa, ayam, dan bumbu lain, kecuali kecap
Kecap masuk dikala bumbu sudah hampir mengental
Ungkep api kecil hingga meresap dan bumbu mengental, jangan lupa cek rasa di tengah2 proses masak ya
Dinginkan
Oles sisa bumbu ke seluruh bab ayam
Panggang hingga matang di panggangan sekitar 10 - 15 menit , saya pakai suu 200 C tadi api atas bawah.
Selamat mencoba


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo