Bebek Goreng Bumbu Bacem


Akhir-akhir ini saya sering masak Bebek, alasannya Yodha sudah suka Bebek. Dan kebetulan di pasar juga sering ada yang jual Bebek mentah sekarang. Kaprikornus sering beli dech...karena harga juga tak jauh beda dengan Ayam. Kaprikornus buat variasi  lauk Yodha saya semangat masaknya.

Walau kalau saya sendiri saya kurang begitu suka Bebek, tapi tetap doyan sich, apalagi kalau masak sendiri yang bumbunya dapat sesuai selera. Tapi...kadang alasannya suami dan anak suka, saya lebih suka nggak makan..biarin aja di habiskan berdua..hihi. Kaprikornus istilahnya itu..doyan, tapi nggak terlalu suka banget sama Bebek.

Kalau Yodha ikut tim Papinya yang suka Unggas apa aja..Burung Puyuh, Burung Dara, Yodha juga suka menyerupai Papinya. Kalau saya kurang suka Burung kecil-kecil gitu..hihi. Senengnya masak aja buat Yodha dan Papinya. Tapi ya memang di umur yang ngga muda lagi gini, baguslah ya kalau mengurangi lauk pauk ya teman-teman. Aku kok lebih suka makan Urap, Sayur lodeh, dll..lauknya Tahu, Tempe, sudah cukup..atau kadang lebih suka Ikan asin..hihi.

Tapi kalau untuk Yodha dan Papinya, tetap masak lauk pauk minimal Ayam...sudah wajib jadi sajian sehari-hari, alasannya mereka nggak baisa, makan dengan cuma Urap atau Tahu Tempe...hihi. Kalau Emak-Emak itu makan pakai Sambel sama tempe aja dapat ya teman-teman, tapi kalau untuk anak dan suami ya nggak tega...hahah. 

Iya lho, kadang kalau siang udah sibuk kerja di rumah, tau-tau udah jam 12 dan lapar, belum masak, paling gampang dan cepat niscaya ya nyambel, bikin telur dadar, goreng tempe, dll udah..cukup buat makan sendiri..hihi. Baru dech sore saya masak yang untuk suami dan anak. Karena Yodha juga sekolah full day, pulang sore, jadi masaknya saya biasa sore yang lauk lengkap.

Nah kemaren  beberapa hari kemudian saya masak Bebek lagi, tapi beda versi..biasanya di bumbu gurih, tapi supaya Yodha nggak bosan, kemaren saya coba masak bumbu bacem, ternyata Yodha juga suka..dan bilang lezat sekali. Pokoknya mau bumbu gurih atau bumbu sedikit manis ala bacem gini, asal bumbunya pas, lezat semua kok teman-teman Bebeknya. Sebenernya pengen juga coba olahan Bebek lain misal di masak Rica-Rica, dll, cuma takutnya malah kurang suka Yodha, jadi saya selalu buat jadi Bebek Goreng aja, paling variasi bumbunya yang beda.

Oke, saya share ya resep Bebek bumbu Bacemnya teman-teman. Tapi Bebeknya cuma tinggal sepotong itu di fotonya..hihi...di maka pakai Urap. Kalau resep Urap sudah pernah saya share ya di SINI.
Bebek Bacem

Bahan :
1 ekor Bebek, bagi menjadi 4 atau 6 bagian
800 ml air kelapa
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
40 - 50 gram gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh garam / secukupnya

Bumbu Halus :
6 butir Bawang merah
2 siung Bawang putih
4 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara menciptakan :
Masukkan semua materi ke dalam panci
Masak dengan api kecil sampai bumbu meresap
Jangan lupa koreksi rasa 
Jika sudah hampir habis kuahnya, tiriskan dulu, dinginkan, gres di goreng sebentar saja ketika akan di sajikan.

Tips :
Agar Bebek tidak amis, buang bab Brutu / ekornya
Bebek akan empuk dan lembut dagingnya kalau di masak api kecil, bumbu juga makin meresap, jadi tidak di presto juga nggak masalah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo