Molen Ubi Ungu



Masih punya stok Ubi Ungu...mikir mau di buat apa lagi ya...karena di webku ini sudah banyak dech olahan Ubi Ungu...hihi. Aneka macam jajanan sampai Mie Ubi Ungu, Nasi Ubi Ungu, semua udah pernah saya posting. Akhirnya  mikir, tampaknya belum pernah bikin Molen isi Ubi Ungu aku, jadilah saya bikin itu aja dech kemaren. Oh ya, kalau mau cari resep olahan Ubi Ungu dariku, ketik aja di google ya judul resepnya, misal..Mie Ubi Ungu Diah Didi, ntar muncul linknya kok teman-teman. Jangan lupa, follow instagram saya @bunda_didi, kalau mau tau behind the scene dari dapurku sehari-hari ya.

Untuk resep Kulit Molen nya pakai resep andalan yang sering saya pakai buat bikin Molen Pisang. Untuk isiannya, Ubi Ungu di kukus dulu, di haluskan, kemudian di masak bersama santan kental, gula, garam dan vanili sampai kesat dan kalis. Rasa isiannya jadi legit dan lezat sekali. Di cemilin isiannya aja enak.

Untuk kulit supaya dapat tipis maksimal, saya pakai penggiling mie untuk menipiskan adonan. Makara lebih tipis dan simpel juga. Tapi kalau tidak ada ya dapat di tipiskan manual ya teman-teman, pakai rolling pin atau botol beling kecap tuch bisa..hihi. Tapi harus benar-benar tipis ya, kalau ketebelan nanti nggak matang kulit nya.

Membuat gabungan kulit Molen, jangan di uleni terlalu besar lengan berkuasa ya teman-teman, supaya alhasil tidak keras dan alot. Hasil kulit Pisang Molen ini harus renyah dan kres ya. Jika terlalu usang di uleni, jadi alot dan susah matang. Oh ya..tips mengukus Ubi ungu, sebelumnya di kupas dulu ya teman-teman, supaya kita dapat melihat, apa ada yang boleng ( kehitaman ) atau tidak. Jika boleng, nanti Ubinya akan pahit...serta warnanya kurang cantik.

Oke, pribadi aja..ini beliau resepnya ya teman-teman..selamat mencoba ya kalau suka....

PISANG MOLEN RENYAH 

Bahan Kulit :

• 250 gram tepung terigu protein tinggi
• 50 gram gula halus
• 60 g mentega , cairkan ( pakai margarin juga dapat )
• 50 ml air hangat
• 1 kuni
ng telur
• Garam 1/4 sendok teh
• 1 sdt vanilli


Bahan Isi :
Ubi ungu kukus 500 gram, gula pasir sekitar 100 - 150  gram ( atau sesuai selera ya manisnya ), garam secukupnya dan daun pandan 2 lembar, santan instan 2 sendok makan. Aduk rata dan masak sampai kalis dan kesat. Dinginkan...bentuk bundar lonjong kecil.
 
Cara Membuat :

Campur terigu, gula, garam, vanilli, aduk sampai rata. Masukkan kuning telur dan mentega, tuang air sedikit-sedikit, ulenin gabungan sampai kalis. Tutup gabungan dengan plastik/serbet bersih, diamkan ± 20 menit 
Ambil secukupnya adonan, giling setebal kira-kira 2 mm, lebar ± 3-4 cm, kira-kira sepanjang 30 cm. 
Gulungkan ke dalam Ubi Ungu, lakukan sampai gabungan habis. 
Goreng dalam minyak, perjuangan kan semuanya tercelup. Setelah kuning balik, angkat, tiriskan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo