Pindang Suwir Cabai Hijau


Masih memanfaatkan Ikan Pindang yang tersisa, saya buat tumis cabai hijau aja. Jika lagi ke pasar dan ketemu Pindang anggun memang suka kalap beli beberapa keranjang sekalian. Tapi alasannya yakni memang suami suka, saya juga suka, jadi nggak pernah bosan di olah jadi apa aja Pindang itu.


Biasanya di oseng agak basah, masih berkuah...kali ini saya pengen tumis kering, jadi semacam orak arik tapi tanpa telur. Kaprikornus hasilnay lebih keset, dan yang terang lebih gurih, pedes nampol..hihi. Apalagi buat teman-teman yang suka Pete, mumpung lagi demam isu nich dapat di tambahkan juga.

Tapi, walau lagi demam isu pete ya tidak mengecewakan ya, 5 ribu satu papan..hihi. Aku bukan pengggemar Pete, jadi harga segitu menurutku kok ya tidak mengecewakan mahal ya. Tapi saya suka tambahakn Pete di masakan alasannya yakni suami suka. Kalau saya sekedar buat bumbu aja, oeklah, tapi bila makan, niscaya saya sisihin.

Jika mau pedes, gunakan Cabai hijau keriting yang kecil-kecil ya teman-teman. Jika mau nggak pedes, dapat pakai Cabai Teropong. Oh ya, alasannya yakni ini Oseng kering yang pakai air sedikit sekedar untuk mencampur bumbu, Ikan Pindangnya saya kukus sebentar, semoga tidak amis. Bisa juga di goreng sebentar, terus di suwir. tapi lebih sehat dan ekonomis minyak ya di kukus aja..hihi. Jika nggak ada Ikan Pindang, pakai Ikan asin Peda lezat juga ini lho teman-teman..

Oke, pribadi aja ya ini ia resepnya....

Pindang Suwir Cabai Hijau

Bahan :
4 ekor Ikan Pindang Keranjang, bersihkan kepaka dan tulang, kukus 15 menit,  suwir kasar
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1/2 sendok teh kaldu sapi / garam sesuai selera
1/4 sendok teh Terasi Bakar
1/2 sendok teh gula pasir
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai hijau keriting, iris serong
10 buah cabai rawit hijau, iris halus
50 ml air
5 biji pete, belah dua

Cara menciptakan :
Tumsi Bawang merah, putih sampai matang dan harum
Masukkan cabe, daun salam, lengkaus, masak sampai cabai layu
Masukkan air, ikan pindang suwir dan bumbu lain
Masak sampai meresap dan air habis
Koreksi rasa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo