Arem-Arem Mudah Isi Ayam



Alhadulillah Kak Yodha udah masuk SMP. Ngga terasa, cepat sekali waktu berlalu. Dulu si anak kriwil kecil yang sudah makan, kini udah besar dan andal makan...hihi.

Yodha masuk Sekolah Menengah Pertama Al Azhar. dua hari ini lagi orientasi. Ada kiprah bawa snack yang di bungkus pakai daun kemaren. Akhirnya saya buat aja Subuh. Kalau mau beli juga pagi-pagi ribet mesti keluar rumah. Ternyata bikin snack berbungkus daun menyerupai Arem-arem ini memang kudu dari malam hahah.

Kalau pagi hari, walau udah kerja cepat bungkus2nya tetap aja nggak cukup waktu untuk mengukus biasa, hasilnya saya presto aja. Dan ternyata dapat matang cepat dan lezat rasanya, malah jadi empuk menul2 lembut arem-aremnya. Waktu untuk prestonya sesuaikan dengan Panci masing-masing, alasannya tiap panci presto daya tekannya beda ya. Kalau saya pakai Fisler, 15 menit dari waktu berdesis , cukup untuk memasak arem-aremnya. Oh ya, alasannya walau ada angsangnya tetap kena air waktu mempresto arem-aremnya, usahakan isian berani bumbu ya teman-teman, semoga tidak anyep, saat sudah matang.

Cara memprestonya menyerupai biasa, masukkan air ke panci presto , masukkan angsang, tata arem-aremnya di angsang, tutup rapat. Taruh di atas kompor, nyalakan api sedang, tunggu hingg suara desis kencang. Bari dech di hitung waktunya sampai matang. Kalau punyaku 15 menit cukup...karena prestoku tekanannya sangat tinggi.

Untuk isinya, alasannya untuk Yodha saya nggak buat pedas, jadi saya isi dengan isian ayam cincang menyerupai bumbu Lemper aja, tapi saya tambah beberapa biji cabai tapi di buang biji... ternyata tetap lezat sekali rasanya.

Mau coba teman-teman, yuk simak resepnya ya...
Arem-Arem Mudah isi Ayam
Bahan :
300 gram Beras, basuh bersih
250 ml air
2 sendok makan santan debu / cream masak
1/2 - 1 sendok teh garam ( sesuai selera gurihnya )
2 lembar daun salam

Cara Membuat :
Masukkan semua materi ke rice cooker, masak menyerupai biasa sampai matang
Aduk2, dan diamkan sebentar semoga tanak dengan tombol warm
Siapkan materi isian ( lihat resep materi isian di sini , cuma saya tambah sedikit cabai tanpa biji ya )
Siapkan daun pisang, lemaskan dengan cara di panasi sebentar di atas kompor
Ambil campuran secukupnya
Beri isian secukupnya
Bentuk menyerupai Arem2, presto selama 15 menit, dari mulai panci berdesis ya..bukan dari awal nyalain kompor ngitung waktunya. Karena Panci Presto gres bekerja jikalau sudah suara desis kencang, artinya tekanan panas sudah maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo