Soto Klethuk Khas Blora


Kemaren Yodha minta hidangan Ayam goreng kampung. Seperti biasa kalau bikin Ayam Goreng itu selalu saya buat kaldu bening dulu. Kaldu ini dapat di simpan di freezer, jadi sewaktu-waktu mau buat Soto atau sup tinggal pakai. 

Nah kemaren saya buat kaldu, pagi ini dapat di buat Soto untuk sarapan. Tiap bikin ayam goreng saya juga selalu menyisihkan sekedar sepotong dagingnya untuk suwiran sotonya..hahah. Makara ekonomis nggak perlu beli ayam lagi untuk makan Sotonya.

Nah segala macam Soto udah pernah saya coba, saya jadi kepengen buat Soto yang beda. Aku ingat di Blora ada Soto yang unik. Namanya Soto Klethuk. Soto ayam biasa sebenernya, tapi yang unik penyajiannya pakai Singkong goreng yang di potong kecil-kecil. Makara waktu makan ada terasa klethuk-klethuk nya ( kriuk-kriuk )

Rasanya lezat sekali. Singkong goreng ini sangat cocok di padu kuah Soto yang gurih. Kuah sotonya ringan bening. Ada juga yang versi pakai kemiri kalau saya lihat di beberapa resep, kalau saya pakai buat kuah soto bening aja lebih seger rasanya. 

Singkong gorengnya sebelumnya di kukus dulu, biar dapat renyah tapi tetap empuk nggak keras. 

Soto Kltehuk Blora

Bahan :
1000 ml air kaldu ayam benng ( resep kaldu bening silahkan lihat di SINI )
1 potong ayam goreng
2 butir telur, rebus, belah dua 
50 gram soun, seduh air panas sampai mekar
1/8 sendok teh pala bubuk, 1 cm jahe, biarkan utuh ( biar tidak terlalu beraroma jahe, nanti mayoritas rasanya...hihi )
1/2 sendok teh merica bubuk
6 butir bawang merah, 3 bawang putih, haluskan
2 cm kunyit, memarkan
1 sendok teh kaldu ayam abu dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
1 sendok makan kucai iris
150 gram singkong, kukus 15 menit, potong kecil

Cara menciptakan :
Tumis bumbu halus dan kunyit hingg amatang dan harum
Masukkan air kaldu dan semua bumbu lain
Masak sampai meresap
Bumbuin singkong : 2 siung bawang putih, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh kaldu ayam, sedikit air, diamkan sampai meresap
Goreng sampai kering
Sajikan Soto dengan aksesori dan gorengan singkong



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasar Papringan, Destinasi Wisata Kuliner Unik Di Temanggung

Sambal Bawang Terasi Kering

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, Dan Kulit Melinjo